sejarah hoodie dan jumper

Desain karakteristik termasuk kantong frontal besar, hood atau tudung kepala, dan (biasanya) satu tali untuk menyesuaikan pembukaan tudung. Mereka kadang-kadang dipakai dengan celana olahraga. Beberapa hoodie memiliki ritsleting pada mereka untuk memudahkan melepas seperti laiknya jaket. Hoodie ini kadang-kadang disebut zip-up hoodies.

http://keetsa.com/blog/wp-content/uploads/2007/06/hoodies.jpg

Istilah Hoodie

Istilah hoodie mulai populer di tahun 1990, tapi kemunculan awalnya bahkan udah lebih berabad-abad jauh sebelum tahun itu. Sejarah garmen spesifik dimulai pada tahun 1930-an, tetapi preseden sejarah gaya dan bentuk hoodie kembali ke abad pertengahan. Hoody pada awalnya adalah pakaian formal untuk biarawan Katolik. Lalu oleh perusahaan Champion, hoodie dipasarkan sebagai seragam bagi para buruh pabrik makanan beku di New York. Popularitasnya meroket ketika digunakan oleh Claire McCardell, seorang desainer pakaian olahraga, di seluruh koleksi desainnya.

Hoodie mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1970an, yakni ketika booming hip-hop di Amerika. Bagi hip-hopers, hoody  dianggap sebagai simbol anonimitas, karena hoody ini bisa menyembunyikan wajah dari seseorang, dimana pada masa itu, isu rasial di Amerika juga masih sensitif, dan hoody dianggap menjadi sebuah pelindung dari kekerasan ras yang sering dialami orang kulit hitam disana. Tapi bagi sebagian orang justru sisi anonimitas hoodie ini dianggap negatif karena dapat memacu timbulnya niat kriminalitas. Tapi semua anggapan itu lama-lama hilang digantikan oleh kemunculan hoodie di lini High Fashion yang dikeluarkan oleh Norma Kamali yang memberikan kesan glamor dan mewah pada setiap rancangan hoodienya.

Pada tahun 1990an, hoodie mulai menjadi statement clothes bagi skaters dan surfers di masa itu, dimana semuanya berkisar diantara umur 14-28 tahun, dan sampai sekarang pemakai hoodie dari sisi demografik ini terus bertahan

Persepsi Hoodie di Negara Lain

Amerika Utara
Di Amerika Utara (di mana dalam banyak bagian cuaca musim dingin secara rutin akan jauh lebih dingin daripada di Inggris) hoodie dipilih oleh banyak orang sebagai pilihan kasual untuk kehangatan dan perlindungan terhadap angin. Banyak perguruan tinggi dan universitas di Amerika dan Kanada membuat seragam hoody mereka sendiri dengan nama civitas akademika mereka di dada.
Hoodie adalah pilihan busana umum untuk olahraga ringan seperti jogging dan berjalan. Hoodies kemudian umum dianggap sebagai pakaian kasual dan sering dikenakan di atas T-shirt .

United Kingdom
Di Inggris, hoodie telah menjadi subyek dari banyak kritik, beberapa pengutil telah menggunakan tenda untuk menyembunyikan identitas mereka dari CCTV kamera di pusat perbelanjaan.

Pada bulan Mei 2005, Bluewater, pusat perbelanjaan di Kent menyebabkan kemarahan publik karena meluncurkan kode etik yang melarang pembeli dari hoody olahraga atau topi baseball , meskipun pakaian lain tetap dijual. John Prescott, menyatakan bahwa ia merasa terancam dengan kehadiran remaja berkerudung di sebuah stasiun layanan jalan tol. [10] Kemudian Perdana Menteri Tony Blair secara terbuka mendukung sikap ini dan bersumpah untuk melarang pada perilaku anti-sosial dengan pemakai hoody yang kadang-kadang terkait. Yang berbasis di London rapper Lady Sovereign menerbitkan sebuah “single yang berjudul Hoodie ” sebagai bagian dari kampanye Save the Hoodie”

http://keetsa.com/blog/wp-content/uploads/2007/06/hoodies.jpg

Pada tahun yang sama pula, Coombeshead College di barat-selatan Inggris, memungkinkan hoodie untuk menjadi bagian dari anak-anak seragam sekolah , namun hood bisa dipasang jika hujan turun. Kepala sekolah, Richard Haigh, menyatakan bahwa langkah tersebut akan membantu menenangkan sebagian dari apa yang disebut “histeria” pakaian.

Selandia Baru
“Hoody Nasional Day”, sebuah inisiatif pro-pemuda untuk menantang stereotip pemuda, diluncurkan pada Mei 2008 di Selandia Baru . Kampanye ini menghasilkan kritik di sejumlah tingkatan dalam pemerintahan.

Yunani
Sebagai buntut dari kerusuhan 2008 Yunani , pemimpin Populer Ortodoks Rally , Georgios Karatzaferis , meminta Parlemen Yunani untuk menangkap dan membawa ke pengadilan seseorang yang mengenakan hoodie dengan tanpa alasan apapun.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *