Jenis jenis Resleting Jaket

Stars Konveksi Bandung – Bagi kalian yang ingin memesan jaket, biasanya suka bingung untuk menentukan jenis jenis zipper atau resleting yang akan digunakan untuk jaket. Berikut ini model model zipper untuk dipergunakan dalam pembuatan jaket.

Coil Zipper

Disebut demikian karena wujud dari gigi resletingnya berbentuk gulungan panjang yang terbuat dari bahan polyester atau nylon. Resleting ini biasanya dipakai untuk membuat jaket hoodie, jaket parka dan jaket varsity. Penjahit biasa menyebut coil zipper ini dengan nama sleting belut. entah apa hubungannya

Coil Zipper / Resleting Belut

Metal Zipper

Sesuai namanya, gigi resleting ini terbuat dari bahan metal. Bahan metal yang biasa diperlukan merupakan brass/ kuningan, aluminium, dan nikel. Nah, resleting ini dipakai untuk membuat jaket bomber, jaket harrington dan jaket parka.

Resleting Besi

Delrin Zipper (Vislon Zipper)

Delrin zipper mempunyai gigi yang serupa dengan metal zipper, namun bahannya terbuat dari resin polyacetal atau dapat memakai resin lain. Biasanya, resleting ini dipakai untuk membuat jaket parka, jaket bomber, dan jaket varsity, bahkan bisa juga untuk membuat jaket hoodie.

Resleting Plastik

Invisible Zipper

Rata-rata orang lokal meyebut retsleting ini dengan retsleting jepang. Invisible zipper lebih mirip dengan coil zipper namun gigi pada invisible zipper tidak terlihat. Retsleting jenis ini biasanya dipakai saat menjahit rok ataupun gaun.

Water Proof Zipper

ResletingĀ jenis ini biasanya dipakai untuk membuat jaket gunung, jaket winter, jaket outdoor atau jaket jaket yang digunakan untuk menahan angin dan hujan.

Fire Proof Zipper

Retlseting jenis ini digunakan untuk menjahit baju yang memerlukan ketahanan pada suhu panas/ api, seperti pada baju pemadam kebakaran atau jok mobil.

Nah, sudah tau kan, jenis-jenis resleting. Jangan sampai salah pemakaian dalam proses menjahitnya ya. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *